Tuesday, February 21, 2017

REKAYASA PEDIGREE, BUKAN PEDIGREE REKAYASA


Mungkin orang akan berpikir, siapa Kunto Wibisono bicara REKAYASA??

saya cukup kenal yang namanya REKAYASA KONSTRUKSI, karena saya adalah Lulusan teknik sipil ITB Bandung tahun 1998 dan mendapatkan setifikat Insinyur pada tahun 2000 dari Departemen PU dan sampai sekarang saya masih berhubungan dengan hal ini.

Rekayasa atau Engineering atau Teknik adalah penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk menyelesaikan permasalahan Manusia. Para Praktisi Rekayasa Teknik disebut Insinyur/ Sarjana Teknik.

arti REKAYASA yang lain adalah Rencana Jahat atau persekongkolan untuk merugikan pihak lain.
Jika Rekayasa Pedigree bertujuan untuk mendapatkan Solusi bagi breeding yang penuh ketidakpastian....

Sementara pedigree REKAYASA bertujuan untuk mencetak Pedigree seindah mungkin demi kepentingan JUALAN (Pribadi), bersifat manipulatif dan bisa merugikan bahkan mencelakakan pembeli-nya...

tapi kita hanya akan membahas Rekayasa Pedigree dengan tujuan untuk menemukan Solusi, atau setidaknya untuk memperbesar peluang mendapatkan Merpati Pos yang bisa bersaing di papan atas atau Juara. PERLU DI INGAT!!  Walau dengan Indukan-indukan Juara atau Berdarah Juara, tetap saja kecenderungan mendapatkan SAMPAH RACER 80%. dan kurang dari 20% yang bisa baik.

Jadi dengan cara Rekayasa Pedigree diharapkan hasilnya bisa lebih baik, cara ini telah dicoba atau di aplikasikan oleh BIMA Loft dengan hasil Lumayan baik. Saya mencoba untuk menulis tentang langkah-langkah Rekayasa Pedigree, saya tulis untuk pemula yang mau membaca saja. Mohon Maaf bukan untuk Senior-senior yang sudah Biasa Juara dengan caranya masing-masing.

Tulisan ini saya Dedikasikan untuk Master BIMA Loft Michael Perkasa Sahabat sekaligus Partner yang Luar Biasa,Pemain Juara sesungguhnya.Jika dalam Balap Motor, Mas Mike adalah Valentino Rossi #46 sementara saya hanya Mekanik-nya. It's TRUE. semua kadet2 BIMA adalah hasil PETUNJUK Mas Mike, maunya seperti ini dan itu. karena Feeling Mas Mike "KHUSUS" untuk Mpos2 BIMA Loft sangat baik.... MAU-nya jelas!!!

Juga ditujukan untuk Sahabat muda saya yang besok melangsungkan pernikahan... Mas Retsky Kremes Loft... Semoga Langgeng sampai Kakek Nenek... Amin.. Aamiin...

yang lain boleh meragukan dan meremehkan. tapi inilah Jalan / Cara sebenarnya BIMA Loft mendapatkan Rekor-rekor Saat ini. Duo Macan Sumatra Duo Pertama Penakluk Pekanbaru, Arthur 775 Mpos Termuda Penakluk Sumbawa, Katana 51, Marlon 138 Mpos ABG Penakluk Padang Bay, Sri Manjur 115 Komandan Sexy Six FSWL 2015... dibuat dengan langkah2 ala Pemula berikut:

FIRST STOCK (stock pertama)

First stock adalah Mpos-mpos yang kita dapatkan dari Membeli, Hibah, Tukar menukar indukan dsb. yang berasal dari ternakan orang lain. Syarat utama dari First Stock adalah WAJIB KUDU HARUS PASTI memiliki DARAH2 JUARA atau JUARA itu sendiri. Tidak peduli asal muasal Juaranya, yang penting Juara. seperti Gallant adalah Juara dimana Ibunya hanya Mpos dari Pasar. First stock ada kecenderungan jadi breeder yang biasa, walau ada beberapa yang langsung bagus.kalau bagus bisa jadi naik ke level GOOD Stocks, contohnya Gallant dan Superhero 1086.

SEMI STOCK (Stock Generasi anakan2 First Stock)

(Nah disinilah Rekayasa Pedigree mulai dilakukan) dengan mengawinkan FIRST STOCK untuk mendapatkan anakan-anakan (yang kemungkinan masuk kategori 80% SAMPAH), tapi KELAK tetap bisa mencetak Racer2 yang 20%. dengan darah-darah Juara yang kita miliki itu, ditahap awal kita hanya akan mencari mpos-mpos dengan Anatomi tertentu dan tidak begitu memperhatikan otaknya, kita sebut saja anakan-anakan atau cucu-cucu dari First Stock sebagai SEMI STOCK. SEMI stocks akan kita gunakan sebagai indukan-indukan "ANTARA" yang akan kita gunakan untuk menghasilkan mpos-mpos LOMBA GENERASI PERTAMA..

INGAT!! MODAL HANYA ANATOMI saja, OTAK kita serahkan pada penurunan GENETIKA (yang berasal dari Leluhurnya yang Juara2). Syarat pertama FIRST STOCK harus dipenuhi... jika tidak, maka REKAYASA Pedigree PERCUMA dijalankan... hasilnya tidak akan optimal.

GALLANISASI dan MANJURISASI adalah salah satu upaya REKAYASA PEDIGREE dan masuk dalam kategori Semi Stock.

GOOD STOCK (Stock yang Baik)

Anakan-anakan dari SEMI Stocks tadi kita Lombakan untuk mendapatkan Racer-racer yang bisa bersaing atau cukup hasil lumayan saja.misalnya sampai akhir Lomba tidak hilang.kita sebut mpos hasil "SISA" Lomba ini sebagai GOOD STOCK. Good Stock akan kita jadikan indukan yang akan kita kawinkan dengan Good Stock lain atau SEMI stock (yang kita anggap anaknya bisa menjanjikan). Nah anak-anaknya (cenderung) akan semakin membaik. karena HUKUM JUARA akan MENETASKAN JUARA bukanlah omong kosong. Jika kita mengeluarkan JUARA dari hasil REKAYASA ini, bisa kita sebut sebagai FINAL STOCK. saudara-saidara Mpos yang bisa Juara, Bisa kita masukkan dalam GOOD STOCK juga, karena ada kemungkinan menyimpan Genetika yang sudah baik dan layak jadi RACER.

FINAL STOCK (Stock Final Andalan)

Disinilah Mpos-mpos yang sering disebut-sebut oleh Ad Schaerlaeckens. Indukan Juara akan menghasilkan Juara lagi,  karena Juara-juara yang dihasilkan berasal dari Koloni Kolam Juara sendiri. tinggal di Linebreed atau Semi Hybrid.

Kisah "312" Steven van Breemen yang memberikan betina gratis sebagai jodohnya ke pemain Jepang yang membeli 312.... akhirnya anak hasil (312 X Betina Gratis) menjadi Juara Jepang. sayangnya itu cuma satu-satunya anak yg berhasil, karena si Betina gratis dipotong (sebelum anaknya Juara) oleh si Jepang karena bukan Juara. saya bisa menduga ini adalah pasangan hasil REKAYASA PEDIGREE van Breemen. karena si Gratis membawa sebagian genetika yg sama dengan 312. Steven van Breemen adalah PEMAIN INBREED/ LINEBREED.

Sekali lagi, Final Stock adalah mpos-mpos Juara hasil Kolam Juara sendiri... misalnya Arthur 775, Duo Macan Sumatra 36 & 39, Marlon 138, Katana 51, Sri Manjur 115, yang mana induk2nya sudah hasil cetakan BIMA sendiri...

PINDAH POSISI STOCK INDUKAN

Setelah kita mendapatkan mpos-mpos dengan label masing-masing (FIRST, SEMI, GOOD, atau FINAL) maka kita bisa mencetak anak-anakan an untuk Dilombakan. Jika anak-anak dari masing-masing menjanjikan Juara. FIRST bisa jadi GOOD atau malah FINAL (jika mpos Juara). dan sebaliknya FINAL bisa turun derajat jadi GOOD atau bahkan SEMI saja. yang penting kita tahu posisi masing2 dan memperlakukan sama saat Breeding... Tapi BIMA Loft bercita2 untuk membuat FINAL STOCK semua... bahkan babuan pun pakai Final Stock... ☺☺

REKAYASA PEDIGREE

Tingkatan-tingkatan Stock Indukan ini HANYA JIKA dan HARUS PASTI WAJIB kita catat dalam Pedigree yang Asli. tanpa tercatat dan hanya hapalan diluar kepala, niscaya banyakan LUPA-nya. dari yang jadi Juara, kita bisa melihat jalur-jalur Juara mana yang keluar... misalnya Jalur Sri Manjur yang bisa mengeluarkan Mpos-mpos sampai Ujung Lomba, berarti kita kemungkinan mengeluarkan mpos-mpos dengan homing yang baik, juga ada resiko mencetak mpos odong-odong, jadi si Odong2 harus diketemukan dengan Jalur Gallant atau 9000 yang membawa genetika mpos2 cepat.

Rekayasa Pedigree untuk mendapatkan Solusi breeding yang lebih baik. memang akan mencetak banyak mpos dan butuh tempat yang besar, butuh banyak test lomba dan banyak hilang. tapi begitu sudah keluar Good Stock dan Final Stock, maka Peluang keluar Mpos 20% (BAIK) akan semakin besar.

Banyak teman2 yang bertanya. Kenapa BIMA selalu muncul Mpos dengan ring-ring yang baru?? ini karena kami memang sudah merancang satu sistem STOCK seperti diatas... yang jadi Indukan Penerbang/ RACER utama adalah keluarga besar Juara Kandang BIMA Loft sendiri.

RINGKASAN

1. FIRST STOCKs --> Indukan2 hasil Beli, dapat, Hibah, Tukar Menukar dll
2. SEMI STOCKs --> Anak2 dan Cucu2 First Stock yang diseleksi berdasarkan Katuranggan saja
3. GOOD STOCKs --> anak2 SEMI yang dilombakan dan menghasilkan Mpos2 baik atau bahkan Juara... saudara2 kandung Juara bisa masuk kategori GOOD Stock jika memiliki Anatomi sebaik/ mirip sang Juara.
4. FINAL STOCKs --> adalah anakan2 yang dilombakan dan menjadi Juara2 Ace Pigeon... FINAL Stock hanya berisi Juara2 saja... Ibu Juara tetap hanya maksimal sebagai Good Stock.
Semua harus disusun dalam Pedigree yang mudah dilihat dan dikombinasikan... Pedigree Excel yang pernah dibuat oleh Pak Arulman dan Pak Agung Setiawan sangat cocok digunakan untuk REKAYASA PEDIGREE ini... kita bisa merancang cucu2 dari Juara.. padahal indukan2nya saja belum kita cetak.. tapi sudah kita pikirkan dan rencanakan dari sekarang...
ANATOMI bisa kita CETAK, OTAK dari GENETIKA JUARA!!
Cetaklah ANATOMI, SERAHKAN OTAK pada GEN JUARA!!

(BIMA LOFT - Januari 2017)

0 comments:

Post a Comment