Tuesday, October 18, 2016

METODE DASAR MEMBANGUN PEDIGREE


(Sekaligus cara Breeding yang sebaiknya kita tahu)

Menurut Bill Richardson, secara mendasar, ada 4 cara untuk membuat / Membangun sebuah Pedigree. Walaupun kita bisa menemukan satu pemain menggunakan beberapa cara, tapi secara mendasar/ Basic, ada 4 cara yang bisa digunakan, sebagai berikut: 

1. Metode pertama adalah PENCATATAN. kita pasangkan mpos kita dan kemudian kita catat kebawah keturunannya. Cara ini bukan sebuah metode membangun masa depan kandang kita, ini lebih kepada "hanya mencatat" masa lalu / sejarah mpos2 kita. ini cara yang paling banyak digunakan pada kandang yang hanya tipe Survival / sekedar bertahan memelihara saja. tidak ada yang khusus pada perencanaan genetika, jadi sekedar hanya ada catatan sejarah breeding kandang kita saja.

2. Metode kedua adalah BLENDING SISTEMATIK. Metode yang bisa kita mulai dengan 3 (tiga) atau 4 (empat) trah berbeda dikandang kita. Kita lakukan dengan sadar untuk mencampurkan ke-empat darah tersebut dengan komposisi darah yang sama. setelah ke-empat darah tercampur merata, kita coba kembalikan ke darah masing2, yang artinya kita lakukan back crossing atau Line Breed. Pemain yang menggunakan Blending Sistematik, rata2 memiliki catatan pedigree yang baik.. karena kunci kesuksesan dari pemain2 ini adalah ketepatan pencatatan prestasi mpos2 yang digunakan.

3. Metode ketiga adalah LOADING BANYAK DARAH JUARA. ini biasa disebut MEMBANGUN dari DARAH JUARA dan ini bisa sangat Efektif. Pada kandang2 Besar dan Juara, ini sangat mungkin terjadi semua Mpos Juara di Pedigree berasal dari Keluarga yang sama, yang telah disatukan. Semakin banyak Mpos Juara yang tertulis di Pedigree, semakin besar peluang untuk memproduksi Juara Hebat lagi. Pemain yang sukses mengaplikasi sistem ini adalah Pak Ache yang dilanjutkan oleh Pak Steven Olive Bandung, Mpos2 Juara dibeli dan dikawinkan dan anak2nya dilombakan, mpos yang bisa Juara dijadikan indukan2 utama, termasuk induk si Juara, begitu seterusnya. Pemain yang konsisten melakukan Metode Ini, dan pencatatan baik, rata2 menjadi Pesaing utama dalam Lomba yang diikuti, bahkan cenderung menjadi Juara.

4. Metode keempat adalah METODE SUPER BREEDER yang bergantung dari satu Mpos. Untuk melakukan hal ini, kita sebaiknya benar2 menggunakan Mpos yang benar. Jika kita yakin pada kemampuan seekor mpos dalam memproduksi Juara dan Breeder, maka metode SuperBreeder ini bisa digunakan. Metode super breeder ini banyak melakukan inbreeding dan linebreeding kental, sehingga Pedigree yang terbentuk akan memperlihatkan dominasi dari seekor Mpos Super Breeder.

Banyak pemain yang sudah melakukan 2 metode sekaligus....
Metode manakah yang sudah kita gunakan?

Apapun yang kita gunakan, sebaiknya kita lakukan dengan konsisten dan bertahap.... karena keberhasilan sulit didapat dengan instan... dan mempertahankan jauh lebih sulit lagi... tapi bagaimanapun cara kita, kita harus tetap semangat!!


Penulis : Mr.Kunto Wibisono

0 comments:

Post a Comment