Saturday, August 27, 2016

Perawatan Harian Merpati Pos



Hanya Sharing karena ada beberapa teman yang bertanya tentang perawatan harian untuk merpati pos , karena saya juga pemula didunia merpati pos mohon maaf jika kurang berkenan .informasi saya dapatkan dari berbagai sumber antara lain dari senior-senior yang lebih dahulu bermain merpati pos & juga dari forum forum internet. bukan bermaksud menggurui , hanya sharing saja untuk yang belum tau 

-Senin (Vita Stress)
- Selasa (Cuka Apel)
- Rabu (Vita Stress )
- Kamis (Cuka Apel+bawang putih)
- jumat(air putih/tonikum Bayer)
- Sabtu ( Probiotik EM4 )
- Minggu ( minyak ikan Scottemulsion )

1.Cuka Apel : berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur & membunuh -+120 Jenis bakteri didalam tubuh merpati karena cuka Sifatnya asam dan mayoritas bakteri bersifat basa tidak bisa hidup di tempat yang memiliki keasaman tinggi. cuka apel di berikan hanya untuk selingan saja , 1 minggu 2x takaranya kira2 1.5 Sendok Makan untuk setiap 2 Liter air.

2.Vita Stress : ada beberapa varian dari produk medion antara lain vitastress , vitastrong & neobro , tapi saya lebih pilih vitastress karena bau nya tidak amis. merupakan multivitamin dan elektrolit yang berfungsi meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh merpati terutama metabolisme energi, protein dan lemak, sangat baik di gunakan untuk rawatan harian untuk mencegah penyakit2 pancaroba seperti Snot (mata berair), Pilek dll. meningkatan proses metabolisme dalam tubuh merpati & meningkatkan daya tahan tubuh dalam mencegah dan mengatasi stres.memilki kandungan dari Vitamin A + B-complex + C + D + E + Elektrolit ) untuk takaranya kira2 Setengah sendok makan untuk 2 liter air minum.

3. EM4 PROBIOTIK
yang befungsi memperbaiki saluran pencernaan , Menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam tubuh merpati, tidak mudah stress dan bau kotoran akan berkurang. Pemberian EM4 pada minuman merpati bisa di berikan seminggu sekali rentang 2 hari setelah pemberian cuka apel dengan maksud setelah bakteri didalam tubuh merpati mati karena pemberian cuka apel , Em4 kembali menyimbangkan bakteri2 baik didalam tubuh merpati. takaranya kira2 1 sendok makan / 1 tutup botol Em4 untuk 2 liter air.

4. Garlic ( bawang putih )
Bawang putih adalah salah satu jenis tanaman herbal yang selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan juga bisa digunakan sebagai obat.Merupakan antibiotik alami yang memiliki Kandungan senyawa aktif yang terdiri atas allisin dan ajoene serta senyawa flavonoid dalam bawang putih menjadikannya dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan sekaligus sebagai antibakteri di dalam tubuh. Kandungan – kandungan senyawa aktif didalam bawang putih mampu menggantikan fungsi dari antibiotik didalam tubuh merpati. Kandungan senyawa-senyawa aktif ini mampu memperbaiki konversi ransum, meningkatkan kesehatan dan produktivitas. untuk penggunaan bawang putih pada merpati biasanya 4 siung bawang di campurkan pada 2liter air putih/Air putih yang sudah di campur cuka apel dengan cara di Geprek/Ditusuk2 dengan garpu.

Semoga Bermanfaat.
Salam..

2 comments:

  1. Kalau perawatan ini untuk induk sedang meloloh bagaimana mas?
    sering induk meloloh piyiknya besar salah satu dan yang kecil mati

    ReplyDelete